Navigation

Wednesday, September 26, 2018

Sudahkah mencuci tangan ?


mencuci tangan
mencuci tangan


Salah satu media penyebaran penyakit yaitu tangan, kenapa bisa? Ya, ketika kita menggunakan tangan yang tidak bersih untuk kontak langsung dengan tubuh, tentu saja dapat menimbulkan penyakit. Seperti contoh ketika makan, etikanya adalah mencuci tangan terlebih dahulu, namun dibalik itu bukan hanya etika yang mendasari tentang mencuci tangan yakni juga mencegahnya penyebaran penyakit. Cuci tangan adalah suatu tindakan
termudah dan termurah sebagai satu langkah dalam mencegah penyebaran penyakit karena kita tidak pernah tahu berapa banyak bakteri di sekeliling kita yang berdampak buruk bagi diri kita. 
Nyatanya, sudah mencuci tangan namun tetap terkena diare. Diare merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa disebabkan karena tidak mencuci tangan sebelum makan. Hal ini dapat menjadi pertanyaan mendasar, sudah cuci tangan sebelum makan namun tetap saja terkena diare. Di lain sisi, faktor lain ternyata juga bisa menjadi penyebab timbulnya diare. Kemudian apakah mencuci tangannya sudah benar?

Berikut tahapan mencuci tangan dengan benar menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia:




Mencuci tangan dapat dilakukan jika hendak sebelum makan, sebelum menghidangkan makanan, setelah menyentuh makhluk hidup yang sakit entah orang ataupun hewan, setelah menyentuh daging yang mentah, setelah menggunakan tangan ketika bersin atau batuk, setelah menyentuh sampah dan debu, setelah menyentuh kotoran, dll.

Kebiasaan mencuci tangan perlu ditanamkan dari sejak dini ketika masih anak-anak. Orang tua juga perlu mengedukasi anak-anaknya mengenai cuci tangan, karena bukan hanya sekedar mencuci tangan namun perlu tahapan yang benar dalam mencuci tangan agar penyakit tak mudah menyebar.

11 comments:

  1. Nice info sis.. Setelah membacanya saya jadi lapar

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat sekali! Selama ini masih banyak org yang belum menyadari akan pentngnya mencuci tgn dengan benar.
    Dengan adanya tulisan ini, menjadi sarana untuk mensosialisasikan kepada pembaca bagaimana pentingnya mencuci tangan dengan benar.

    ReplyDelete
  3. Wah makasi loh ka infonya, jadi harus selalu aware sama kebersihan ya sekarang mah

    ReplyDelete
  4. Kebersihan sebagian dari Iman :D

    ReplyDelete
  5. After baca blog ini, saya jadi want beli sabun wash hands

    ReplyDelete
  6. Wah, saya langsung makan aja gak cuci tanggan nih kak. Sangat edukatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa cuci tangan dulu ya dik :)

      Delete
  7. Wahh informasinya bermanfaat banget

    ReplyDelete
  8. sering-sering bikin artikel ya kak, bermanfaat banget nih

    ReplyDelete