Navigation

Friday, October 5, 2018

Berkunjung ke Perpustakaan Umum Daerah Kota Tangerang Selatan


perpustakaan tangsel
      Perpustakaan jika diibaratkan, adalah sebagai jantungnya informasi yang tentunya informasi yang otentik. Namun bukan hanya itu, perpustakaan juga berperan sebagai sarana rekreasi bagi setiap masyarakat. Selain bisa mendapatkan informasi, kita juga
mendapatkan penyegaran pikiran dan hiburan lainnya, karena di perpustakaan bukan hanya tempatnya koleksi buku saja tetapi juga terdapat fasilitas lain yang disediakan oleh perpustakaan. Contohnya perpustakaan umum daerah kota Tangsel nih.. ada apa aja sih disana? Yuk simak paparannya.

Singkatnya, Perpustakaan umum daerah ini berdiri sudah cukup lama sekitar 7 tahun yaitu berdiri pada tanggal 17 Januari 2011 beralamat di Jl. Raya Siliwangi No.3 Rt 001/06 Pondok Benda 15416 Tangerang Selatan, Banten. Gedung perpustakaan ini menempati 1 buah ruko yang terdapat 2 lantai, lantai satu untuk ruang baca anak, ruang kerja, ruang laktasi (untuk ibu menyusui), dan ruang sirkulasi. Kemudian di lantai dua diisi untuk ruang  koleksi umum, ruang baca, toilet, dan tempat sholat. Berdirinya perpustakaan Umum Daerah Kota Tangerang Selatan berawal dari kebutuhan Pemerintah Kota Tangsel akan  instansi pemerintah yang mendukung motto kota Tangsel yaitu CMORE (Cerdas, Modern, dan Religious).
Berikut layanan yang diberikan Perpustakaan Umum Daerah Kota Tangerang Selatan :
  1. Layanan koleksi
    perpustakaan tangsel
    Pada layanan ini pengunjung dengan bebas bisa memanfaatkan koleksi milik perpustakaan, baik tercetak maupun koleksi audio visual. Koleksi di Perpustakaan Umum Daerah Kota Tangerang Selatan meliputi : koleksi tercetak, koleksi referensi, koleksi audio visual. Buku-bukunya cukup menarik dan update serta sangat sesuai bagi sebuah perpustakaan daerah.
  2. Layanan sirkulasi
    perpustakaan tangsel
    Perpustakaan Umum Daerah Kota Tangerang Selatan memberikan layanan sirkulasi yang mencakup pembuatan kartu anggota, peminjaman dan pengembalian. Batas peminjaman yakni 2 buku dengan maksimal waktu peminjaman 3 hari.
  3. Layanan kunjung. Untuk layanan ini perpustakaan beroperasi selama 6 hari kerja dalam seminggu yaitu pada hari Senin – Sabtu, Senin – Jumat jam 08.00 – 16.00 hari sabtu jam . pemustaka dapat memanfaatkan segala fasilitas yang dimiliki Perpustakaan Umum Daerah Kota Tangerang Selatan dan kebanyakan yang berkunjung di dominasi oleh pelajar SD, SMP, SMA/SMK, Mahasiswa. 
  4. Layanan pemutaran film
    perpustakaan tangsel
    Pada layanan ini perpustakaan tidak memiliki ruangan khusus untuk pemutarannya dan perpustakaan memanfaatkan ruang anak yang ada di lantai 1 sebagai ruang pemutaran film serta ruang baca anak. Koleksi film yang ada disana seputar film pendidikan, film keagamaan, film hiburan, film mengenai pelajaran sekolah. 
  5. Layanan anak. Pada layanan ini perpustakaan mempunyai ruang tersendiri untuk memberikan pelayanan kepada anak-anak yang berunjung diantaranya membaca di tempat, kegiatan menggambar dan mewarnai, serta bercerita. 
  6. Layanan Ruangan Laktasi
    perpustakaan tangsel
    Layanan ini merupakan layanan berupa penyediaan ruangan khusus yang diberikan untuk pemustaka ataupun staff ibu menyusui apabila ingin menyusui bayinya.

  7. Layanan Perpustakaan keliling
    perpustakaan keliling tangsel
    Layanan ini beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00-16.00
    WIB. Perpustakaan menyediakan 8 unit mobil perpustakaan keliling yang dilengkapi berbagai koleksi buku, aneka permainan anak, dan 1 paket alat untuk pemutaran film. Perpustakaan keliling ini melayani beberapa tempat di sekitar Tangerang Selatan seperti sekolah-sekolah, taman kota, TBM, lingkungan warga, kelurahan, kecamatan, puskesmas, dan lain sebagainya. Selain layanan membaca, perpustakaan keliling ini juga mengadakan kegiatan lainnya seperti bedah buku, lomba mewarnai, mendongeng, jambore perpustakaan.
     
       Pelayanan yang diberikan oleh Perpustakaan Umum Daerah Kota Tangerang Selatan sudah baik sehingga dapat memenuhi kebutuhan pemustakanya. Dekorasi yang menyenangkan juga menjadi daya tarik perpustakaan, Pustakawannya juga sangat ramah dan mengedukasi pemustakanya. Dari segi fasilitas, seminimnya ruangan yang ada, perpustakaan berusaha agar dapat bermanfaat secara maksimal khususnya untuk pengguna atau pemustakanya. Perpustakaan Umum Daerah Kota Tangerang Selatan memang kurang strategis dari jalan raya karena posisinya di dalam gerbang beberapa ruko dan perpustakaan terletak di samping ruko tsb yang sulit terlihat dari jalan raya, tetapi jika kita memang berniat untuk berkunjung ke perpustakaan tersebut InsyaAllah langsung ketemu 😉

baca juga, Perpustakaan Umum Cikini >>>>> https://nilamshow.blogspot.com/2018/10/jelajah-kawasan-taman-ismail-marzuki.html

11 comments: