Navigation

Friday, December 7, 2018

Menilik Sedikit Perpustakaan Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN)

PKN STAN
source https://images.google.com/
Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN merupakan sekolah kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementrian Keuangan Republik Indonesia. PKN STAN ini juga merupakan sekolah kedinasan yang sangat
diminati oleh para lulusan SMA ataupun calon mahasiswa. Bisa dibayangkan berapa pendaftar yang mengikuti seleksi untuk menjadi siswa disana, sangatlah banyak dan hampir dari seluruh pelosok Indonesia. Tentu saja ketika peminat PKN STAN banyak secara tidak langsung karena kualitas dari sekolahnya yang bagus, namun apakah perpustakaannya juga bagus dan menunjang kebutuhan civitas akademika PKN STAN? Karena perpustakaan juga merupakan salah satu penentu suatu lembaga atau organisasi tersebut terbilang bagus, jadi perpustakaannya juga menjadi pengaruhnya.
PKN STAN ini beralamat di Jalan Bintaro Utama Sektor V Jurang Mangu Timur, Pondok Aren,Tangerang Selatan, Banten, Indonesia. Letaknya strategis kok tepat di pinggir jalan, jadi gak perlu masuk gang atau pelosok gitu. Kalo kalian tidak tau lokasinya kalian bisa pakai google maps aja. Untuk alamat detail dan informasi lengkap mengenai PKN STAN kalian bisa kunjungi websitenya http://www.pknstan.ac.id.
Gedung PKN STAN berdiri di lahan yang luas, disana nama-nama gedungnya menggunakan huruf abjad dan perpustakaan yang akan kita bahas berada di gedung P, tepat berhadapan dengan air mancur bertuliskan Politeknik Keuangan Negara STAN. Dari bentuk gedung,  perpustakaan STAN cukup besar, berdiri sendiri yang artinya tidak menjadi satu gedung dengan gedung ruang perkuliahan.
perpustakaan PKN STAN
Gedung perpustakaan PKN STAN terdiri atas 2 lantai, namun di dalamnya tidak seluruhnya digunakan sebagai ruang koleksi perpustakaan. Di lantai pertama, terdapat BI Corner, ruang diskusi, ruang koleksi perpustakaan dengan layanan sirkulasi dan koleksinya hanya untuk dipinjamkan saja, mushola, kolam ikan. Kemudian di lantai kedua, terdapat ruang kolesi perpustakaan dan koleksinya hanya untuk dibaca di tempat saja, tidak bisa dipinjamkan, terdapat ruang penerbitan, ruang khusus pustakawan, ruang khusus pegawai.
Yang menarik di perpustakaan PKN STAN ini menurut saya yaitu adanya kolam ikan di tengah-tengah area dalam perpustakaan lantai 1. Kolam ikan ini memiliki kesan untuk penyegaran dikala stress melanda, kita bisa merasa tenang dengan berada di dekat kolam ikan tersebut. Perpustakaan menjadi sarana rekreasi dan refreshing juga.
perpustakaan PKN STAN
Sistem layanan di perpustakaan STAN ini termasuk ke dalam kategori open access atau sistem terbuka dimana para pemustakanya dapat mencari atau mengambil sendiri bahan pustaka yang ingin dibaca atau dipinjamnya. Di Perpustakaan STAN memang memiliki peraturan sedikit berbeda dengan perpustakaan lainnya yakni untuk ruang koleksi perpustakaan di lantai 1 koleksinya hanya untuk dipinjamkan saja, tidak bisa dibaca di tempat. Apabila ingin membaca koleksi ditempat, di lantai 2 lah tempatnya dan sebaliknya koleksi perpustakaan di lantai 2, hanya untuk dibaca ditempat saja tidak bisa dipinjamkan.
perpustakaan PKN STAN
Ruang koleksi perpustakaan STAN di lantai 1 koleksinya hanya untuk dipinjamkan saja tentunya terdapat ruang sirkulasi. Jam operasional ruang sirkulasi yakni jam 08.00 – 16.00 diselingi dengan istirahat antara jam 12.00 – 13.00. 
Untuk peminjaman koleksi perpustakaan, harus menggunakan Kartu Tanda Mahasiswa STAN dan terdaftar sebagai anggota perpustakaan disana. Pendaftaran sebagai anggota perpustakaan dapat dilakukan di ruang sirkulasi perpustakaan lantai 2. Walaupun di lantai 2 hanya sebagai ruang baca koleksi, disana tetap tersedia ruang sirkulasi. Di bagian sirkulasi masing – masing di lantai satu ataupun lantai dua sama – sama menyediakan loker terbuka atau tidak berpintu untuk para pemustakanya. Ruang sirkulasi di ruang koleksi perpustakaan lantai 2 STAN hanya bertugas melakukan pegawasan absensi pemustaka yang ingin masuk ke dalam ruang baca koleksi, melayani pendaftaran sebagai anggota perpustakaan, melakukan penataan kembali koleksi yang telah dibaca pemustaka. Untuk sistem peminjaman, pengembalian, dan penelusuran koleksi perpustakaan di perpustakaan STAN sudah menggunakan slims.
perpustakaan PKN STAN
Di Perpustakaan STAN terdapat layanan referensi, koleksi referensi merupakan jenis koleksi yang bahan pustakanya berupa referensi atau bahan rujukan. Layanan yang diberikan berupa menuntun para pemustaka bagaimana cara mengunakan perpustakaan, misalnya untuk penggunaan slims, mencari bahan rujukan untuk pemustaka yang membutuhkannya. untuk ruang koleksi perpustakaan lantai 2, koleksi referensi mencakup skripsi, kamus, ensiklopedi, indeks dan lain-lainnya. Untuk ruang koleksi perpustakaan lantai 1, tidak terdapat layanan ataupun koleksi referensi karena koleksinya khusus untuk dipinjamkan saja namun terdapat BI Corner, yang koleksinya tidak dapat dipinjam dan hanya dapat digunakan sebagai bahan rujukan saja dan hanya bisa dibaca di tempat.
perpustakaan PKN STAN
Di era sekarang ini, perpustakaan dengan koleksinya saja belum memenuhi kebutuhan para pencari informasi begitu saja. Mereka juga membutuhkan sumber lain selain buku untuk mencari informasi, namun tidak meninggalkan tradisi untuk pergi ke perpustakaan. Layanan internet mampu menjadi solusi utamanya dalam menghadapi tantangan itu. Di perpustakaan STAN tentunya sudah dapat dikatakan sebagai perpustakaan sesuai eranya, disana tersedia Wifi yang berguna bagi pemustaka untuk mencari informasi selain dari buku. Selain layanan internet, terdapat juga fasilitas – fasilitas lainnya, seperti stop kontak, AC dan lain-lainnya.
walaupun beberapa dari kalian bukan civitas akademika STAN tetapi kalian bisa kok sekedar berkunjung ke Perpustakaan STAN untuk melihat koleksi di tempat dan menikmati suasana sejuknya pemandangan kolam ikan 😊



Baca juga Review Perpustakaan USNI

No comments:

Post a Comment