Navigation

Monday, January 14, 2019

Menuju Image Perpustakaan Umum Masa Kini

perpustakaan umum
source http://sudinpusarjakpus.jakarta.go.id/?p=2492
Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 yang berisi “Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang diperuntukkan bagi masyarakat luas sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat tanpa membedakan umur, jenis kelamin, suku, ras, agama, dan status sosial ekonomi.
Menurut Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Umum terbitan Perpustakaan Nasional RI Tahun 2011, Perpustakaan Umum merupakan salah satu bentuk layanan informasi bagi masyarakat yang mengemban visi, terciptanya masyarakat informasi atau masyarakat yang cerdas, sehingga keberadaannya harus dapat dimanfaatkan seluas-luasnya oleh berbagai kelompok masyarakat dalam mengakses informasi”.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa Perpustakaan Umum adalah Perpustakaan yang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat dan juga merupakan salah satu bentuk layanan informasi serta bisa dimanfaatkan seluas-luasnya dalam mengakses informasi dan kegiatan lainnya.
perpustakaan umum
source https://www.google.com 
Tantangan yang tertulis di Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Umum terbitan Perpustakaan Nasional RI Tahun 2011 adalah promosi perpustakaan umum dimana perpustakaan umum dapat menjadi suatu ketertarikan masyarakat untuk melakukan berbagai hal khususnya mengakses informasi. Perpustakaan umum bukan hanya sebagai pusat untuk mencari buku atau informasi saja namun masyarakat bisa memanfaatkannya sebagai pusat kegiatan lainnya, melakukan program keahlian dll. Namun presepsi masyarakat masih mengambang untuk hal pemanfaatan lebih dalam menggunakan perpustakaan umum.
Pada Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Umum terbitan Perpustakaan Nasional RI Tahun 2011 dijelaskan beberapa prinsip dasar yang perlu dilakukan guna menjadi sarana promosi perpustakaan umum:
1.  perpustakaan umum mampu menawarkan citra lingkungan yang menyenangkan dimana penataan ruang didekorasi sedemikian rupa sehingga menciptakan ketertarikan masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan umum tersebut
2.   perpustakaan umum menjadi pusat kegiatan masyarakat
3.   perpustakaan umum mampu mengutamakan kenyamanan bagi  pengguna
4.   perpustakaan umum terbuka bagi siapapun
5.  masa depan salah satu ciri perpustakaan saat ini sebagai pusat informasi adalah layanan yang berkaitan dengan teknologi informasi
6.  Perpustakaan umum adalah milik bersama masyarakat
Keenam prinsip berikut merupakan prinsip yang dapat diterapkan oleh perpustakaan umum guna melakukan promosinya agar seluruh masyarakat dapat memanfaatkan perpustakaan umum semaksimal mungkin dan tertarik untuk pergi ke perpustakaan umum. Dari mulai dekorasi hingga melakukan promosi melalui berbagai kegiatan yang berkaitan mengenai informasi maupun kegiatan diskusi lainnya.
Kondisi saat ini, perpustakaan umum belum sepenuhnya dimanfaatkan secara maksimal khususnya oleh masyarakatnya. Dimana beberapa dari mereka belum sadar bahwa mereka bisa melakukan kegiatan selain membaca di perpustakaan umum, bisa melakukan diskusi, membuat program edukasi, mengetahui teknologi informasi, dll.
Selain promosi yang dilakukan perpustakaan dengan prinsip tersebut, sebagai masyarakat mari kita gunakan perpustakan umum sebaik mungkin yang sudah hadir untuk melayani khususnya dalam memenuhi kebutuhan informasi kita.

No comments:

Post a Comment