Navigation

Friday, October 12, 2018

Alasan Manusia Mudah Percaya Pada Berita Hoax

hoax
hoax

Di zaman berkembangnya teknologi sekarang ini banyak sekali informasi bertaburan dimana mana tak dapat dipungkiri informasi hoax pun sering muncul dan menyebar dengan cepat terutama melalui saluran media sosial seperti Whatsapp, Instagram, dan medsos lainnya. Berbagai macam informasi tersebar tanpa diketahui
kebenarannya. Informasi hoax pun hadir meski dalam kondisi bencana sekalipun.
Manusia yang seutuhnya haus akan informasi tentu saja setiap harinya butuh asupan informasi, namun manusia juga mudah terbawa arus informasi entah informasi yang benar adanya atau bahkan informasi hoax sekalipun, bahkan bisa membuat mereka menyebarkannya kembali karena mereka menganggap informasi tersebut penting padahal hoax.
Manusia memang mudah sekali percaya berita hoax. Hal tersebut wajar, karena otak manusia gampang dipengaruhi oleh kecerdasannya masing-masing dan juga bagaimana manusia tersebut memiliki pengetahuan yang baik dalam filterisasi informasi.
Beberapa ahli mengatakan bahwa ada faktor-faktor yang dapat menyebabkan seseorang cenderung mudah percaya pada berita hoax. Seseorang cenderung percaya pada hoax rata-rata karena informasi tersebut sesuai dengan opini atau sikap yang dimiliki. Contohnya jika ada seseorang yang kontra terhadap suatu produk, kebijakan tertentu dan kemudian disusul dengan informasi yang dapat mengafirmasi opininya atau sikapnya tersebut maka ia akan mudah percaya, dan sebaliknya. Karena secara alami, perasaan positif akan muncul di dalam diri seseorang ketika ada yang mengafirmasi apa yang ia percaya.
Alasan selanjutnya seseorang mudah percaya pada berita hoax yakni karena terbatasnya pengetahuan. Pentingnya memiliki pengetahuan terutama perihal literasi media yang merupakan ruang bagi informasi hoax tersebut tersebar. Saat ini yang dibutuhkan bukan hanya penguasaan teknologi secara teknisnya namun penggunaan informasi pada teknologi tersebut juga penting.
Jadi, pilah-pilahlah informasi agar mendapatkan informasi yang benar adanya, jangan langsung menelan informasi mentah-mentah, cari dulu kebenarannya dan cari tahu sumbernya sebagai langkah awal sebelum informasi hoax tersebut tersebar hingga ke seluruh penjuru dunia.
baca juga http://zoraria.blogspot.com/2018/10/cara-mengidentifikasi-berita-hoax-yang.html

3 comments:

  1. Maka dari itu kita harus lebih selektif dalam menyaring informasi yg di terima

    ReplyDelete
  2. Isunya bagus untuk diangkat, namun akan lebih menarik jika konten yang disajikan terkait isu tersebut membahas pula mengenai solusi yang harus dilakukan untuk menghindari berita hoax, jadi tidak hanya membahas alasan. Solusi detail bagaimana memilah sebuha informasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas masukkannya... InsyaAllah solusinya menyusul :)

      Delete