Navigation

Saturday, October 20, 2018

Mengalami Insomnia? Ini Cara Mengatasinya

insomnia
insomnia
Pernah gak sih kalian susah banget untuk tidur di malam hari? Padahal badan sudah terasa lelah dan ingin tidur lelap dan berharap esok bangun dengan badan yang segar. Semua tugas sekolah, kuliah, ataupun pekerjaan sudah beres namun mata ini tak bisa tidur lelap. Ya, gejala tersebut merupakan gejala insomnia. Sebagian besar orang sudah tidak 
asing mendengar kata insomnia yang dapat menyerang siapapun dan dapat terjadi kapanpun tanpa diprediksi.
Insomnia sendiri merupakan kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur cukup lama sesuai waktu yang dibutuhkan tubuh meski dia memiliki kesempatan untuk melakukannya. Insomnia dapat menyerang semua usia dan yang paling rentan terkena insomnia adalah usia remaja. Gejala – gejala insomnia  yang paling umum yaitu susah tidur, terbangun di malam hari atau dini hari dan tidak bisa tidur lagi, merasa lelah namun tidak bisa tertidur, sulit konsentrasi dan fokus.
Penyebab insomnia sendiri cukup banyak salah satunya karena stress psikologi, misalnya banyaknya pikiran yang bisa mengganggu pikiran sehingga menyebabkan insomnia. Penyebab lainnya yaitu tidak nyamanya kondisi kamar, sedang mengkonsumsi obat-obatan, dll.
Insomnia harus segera diatasi karena dapat menggaggu aktifitas di keesokkan harinya seperti mengantuk di saat beraktifitas. Untuk menangani insomnia kita dapat melakukan relaksasi misalnya dengan cara mendengarkan murotal Al-Quran, mendengarkan musik klasik yang lembut, membaca buku sebelum tidur, melakukan teknik pernapasan yang baik, berdoa sebelum tidur, menggunakan aromatherapy, selalu berpikiran positif, hindari minum kopi sebelum tidur, jangan makan makanan berat sebelum tidur, stop merokok, minum air mineral minimal 8 gelas sehari, ciptakan suasana kamar yang nyaman, berolahraga, dll.

2 comments: