Navigation

Tuesday, October 30, 2018

Cara Mengidentifikasi Berita Hoax yang Tersebar di Media Sosial


hoax
hoax
Rumitnya kondisi negeri akibat berita hoax kini bukanlah hal biasa, semakin terbiasa dan dibiarkan begitu saja akan semakin parah akibatnya. Kita sebagai kaum millennial yang hidup di zaman teknologi harus pandai memilah dan peka terhadap informasi yang beredar. Bukan hanya jago dalam menggunakan teknologi namun juga harus pandai memilah materi di dalam teknologi tersebut.

Dalam artikel sebelumnya saya membahas mengenai alasan manusia mudah percaya pada berita hoax. Di dalam artikel tersebut tidak dijelaskan mengenai solusi dalam memilih dan memilah informasi yang benar agar terhindar dari berita hoax, maka dari itu sekarang saya akan memaparkan cara mengidentifikasi berita hoax yang umumnya mudah merajalela hingga dipercaya umat manusia. Mari simak paparannya.
“Hey gaboleh makan iniloh katanya berbahaya aku dapet dari chat group sebelah kemarin”
“katanya besok akan ada gempa dengan kekuatan dahsyat cepet kemaskan barang barang kamu, saya dapet info dari grup tadi pagi”
Banyak sekali bentuk peringatan yang sering membuat gusar masyarakat. Biasanya peringatan tersebut cepat menyebar di media sosial khusunya group pada sosial media. Beragam bentuknya dari berita bencana, kandungan berbahaya makanan, gosip, dll yang pada intinya berita tersebut tidak benar adanya. Berikut cara mengidentifikasi berita hoax :
1.      Waspada terhadap judul yang mengandung provokatif
Provokatif menurut KBBI merupakan suatu hal yang bersifat provokasi; merangsang untuk bertindak; bersifat menghasut. Kita perlu mewaspadai apabila ada berita-berita yang mengandung judul yang memprovokasi. Namun bukan semua berita yang mengandung provokasi adalah hoax, ada baiknya kita cari berita tersebut di situs web resmi bisa juga di website resmi yang menyangkut dengan berita. Misalnya jika ada peringatan untuk tidak mengonsumsi suatu makanan karena mengandung bahan berbahaya, ada baiknya di cek terlebih dahulu di website resmi BPOM https://cekbpom.pom.go.id/ sebelum mempercayai berita tersebut.
2.      Waspada dengan konten/isi
Jika konten atau isi terlihat memaksa dan menghasut harus diteliti terlebih dahulu sebelum mempercayainya. Kalian bisa cek di aplikasi khusus yang bernama hoax analyzer.
3.      Lihat alamat situs yang tertera
Apabila yang tertera merupakan alamat situs dengan domain blog maka bisa dibilang berita tersebut masih diragukan. Dilansir dari kompas terdapat sekitar 43.000 situs di Indonesia yang mengklaim sebagai portal berita.
4.      Lihat waktu yang tertera pada berita tersebut
Dilansir dari liputan6 berita hoax tidak ada kejelasan waktu. Rata-rata mencantumkan waktu seperti kemarin, dua hari yang lalu, seminggu yang lalu. Jadi tidak ada kejelasan waktu yang pasti.
5.      Cek gambar 
google images
Google Images

Periksa gambar yang beredar  di google images. Kalian hanya perlu upload gambarnya lalu nanti akan terlihat apakah gambar tersebut sesuai dengan beritanya atau hoax.
Ketika kita mendapatkan suatu berita, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek kebenaran atau keaslian berita tersebut dengan menggunakan tips atau cara mengidentifikasi berita yang sudah di paparkan di atas. Hindari langsung menyebarkannya kembali. Langkah tersebut berguna untuk membuktikan apakah berita yang sampai di kita adalah berita real atau bahkan hoax, maka dari itu cek dulu sebelum menyebarkannya ke seluruh penjuru dunia.
baca juga http://zoraria.blogspot.com/2018/10/alasan-manusia-mudah-percaya-pada.html 

No comments:

Post a Comment